Tuesday, November 1, 2011

Otak kanan dan Scrabble

Beberapa hari yang lalu saya membuat post tentang pentingnya bermain Scrabble dengan mengetahui arti kata dari kata-kata yang kita hafal . Sudah mencoba menghafal kata-kata beserta dengan artinya? Pasti sulit ! saya juga merasakan hal yang sama ketika melakukan hal tersebut.

Pagi ini saya berkunjung ke ISC dan melihat hasil pertandingan dari final Nationwide E-Fest 2011 yang bulan lalu berlangsung di UNILA . Pada saat itu saya tertarik dengan kata UNAI dan langsung saya membuka Zyzzyva untuk mencari tau artinya . Ternyata, arti dari kata UNAI adalah a two-toed sloth, also UNAU [n -S] atau kukang yang memiliki dua jari kaki, berasal dari bahasa Tupi-Guarani (Daerah Amerika Selatan) . Didorong dengan rasa penasaran terhadap binatang seperti apa UNAI ini, saya pun bertanya pada mbah google, dan mendapati gambar dari UNAI tersebut.

Unai also Unau (Tupi): a two-toed sloth/ kukang berjari dua

Dari kebetulan itu saya pun menyadari satu fakta yang sudah menjadi common sense di masyarakat; kita akan lebih mudah mengingat sesuatu yang berbentuk visual (nyata) seperti wajah seseorang dibanding sesuatu yang bersifat abstrak, seperti nama seseorang . Sering kan kita ingat wajah seseorang tapi lupa namanya? . Oleh karena itu saya mencoba metode menghafal dengan mengikut sertakan otak kanan saya, yaitu dengan pertama-tama mencari arti dari suatu kata, dan setelah itu mencari gambar dari kata tersebut di google. Dengan cara tersebut , saya menjadi lebih mudah menghafal kata-kata karena kata tersebut langsung di visualisasikan oleh otak.

Saya pun mencoba mengaplikasikan metode tersebut pada beberapa two letter words. Berikut adalah 10 kata dari two letter words yang saya coba cari arti katanya dan saya coba saya cari gambarnya di google:

 
Aa (Hawaiian): a type of lava/sejenis lava

Ai (Tupi): the three-toed sloth/kukang berjari tiga

Ba: in ancient Egyptian religion, the soul/ jiwa dalam kepercayaan Mesir kuno

Gi (Japanese): a Karate or Judo Costume/ kostum Karate atau Judo

Ko (Maori): a digging stick/ tongkat untuk menggali

Om: an intoned Hindu sacred symbol/ simbol sakral yang diucapkan orang Hindu

Ox: a bovine animal (or a clumsy person)/Sejenis lembu (atau orang yang kikuk)

Pa (Maori): a hill fort/benteng di bukit

Yu (Chinese) : a precious jade/ batu giok yang berharga mahal

Zo (Tibetian): a kind of yak/ sejenis lembu (yang ada di daerah Tibet)

Sekarang, coba hafalkan 10 kata diatas . Lebih mudah dihafal kan? Memang metode ini tidak sepraktis jika dibanding langsung membaca dan menghafal kata-kata tersebut secara skimming. Namun jika kita tilik lebih dalam lagi, dengan metode ini, kita akan  mendapat informasi dari tiap kata yang kita hafalkan. Seperti yang sudah saya mention di post sebelumnya, Scrabble bukanlah perkara antara ada dan tiada semata, Scrabble adalah sebuah pintu untuk mengakses pengetahuan. Bayangkan jika kita menghafal 1000 kata dengan menggunakan metode ini, dengan mengikut sertakan otak kanan kita, maka yang kita dapatkan adalah seribu pengetahuan baru.

Berapa kali anda memasang kata-kata  AA dan ZO dalam permainan? Pasti sudah sering kan?
Kapan anda tahu kalau AA dan ZO itu arti dan bentuknya adalah seperti gambar yang ditampilkan diatas? .

1 comment: