Wednesday, August 3, 2011

Kamus Resmi Scrabble


Sebelum kita membahas Scrabble lebih dalam, alangkah lebih baik jika kita menyamakan persepsi tentang kamus resmi yang digunakan dalam permainan ini.

Menyamakan persepsi mengenai kamus yang digunakan adalah sesuatu yang penting, mengingat hal ini dapat menimbulkan pertikaian (serius).

Suatu ketika ada dua orang anak bermain Scrabble. Salah satu anak, sebut saja Ujang,  mengeluarkan sebuah kata, kata tersebut adalah "BATIK". Lawan dari anak itu lalu bertanya, sebut saja Udin,  "aya kituh kata eta dina kamus". Ujang menjawab "aya atuh, urang pernah maca dina kamus". Udin yang tidak percaya lalu mengeluarkan kamus 1 milyar kata miliknya dan mencari kata tersebut, alangkah marahnya Udin ketika kata yang Ujang pasang tidak ada dalam kamus, Udin pun meminta Ujang mencabut kembali kata yang dia pasang. Ujang menolak, dan akhirnya mereka pun berkelahi. -Fin-

:p

Well, lebay, tapi memang kejelasan referensi kamus yang digunakan adalah hal yang penting dalam Scrabble.
Secara Internasional, kamus yang digunakan dalam permainan Scrabble ada 2.
Pertama adalah Webster Dictionary yang digunakan di negara Canada dan Amerika, yang kedua adalah Collins Scrabble Words (CSW) yang digunakan di negara selain 2 negara tersebut. Karena penggunaan CSW lebih umum, maka kita pun akan menggunakan CSW.

CSW dapat ditemukan dalam sebuah software yang bernama Zyzzyva yang dapat didownload di:
 

Cara Installnya mudah, Download - Install - jika ada yang harus dipilih, pilih CSW 07, dan CSW 12. Penggunaan CSW 12 baru resmi pada tanggal 1 Januari 2012, maka dari itu sebaiknya gunakan CSW 07 dulu saja.

Mengenai tehnik penting penggunaan Zyzzyva akan dibahas di post yang akan datang.

Jadi mulai dari sekarang, jika lawan mengeluarkan kata-kata aneh pada saat bermain Scrabble, jangan dulu diajak berkelahi jika kata tersebut tidak ditemukan di Oxford, Cambridge, atapun kamus 1 Milyar kata, siapa tahu kata tersebut terdapat di CSW dan ternyata valid :p.

Zyzzyva sendiri bukanlah sebuah kata tanpa arti, dalam kamus CSW artinya:

zyzzyva : a tropical weevil [n -S]
weevil : a small beetle [n -S]


Images Sources :
artikel-ict.blogspot.com
11points.com

No comments:

Post a Comment