Saturday, August 27, 2011

J,Q,X, dan Z


J, Q, X, dan Z adalah tiles yang memiliki nilai yang paling besar jika dibandingkan dengan tiles lain, memilikinya ditangan akan memberi kesempatan yang besar untuk mendulang skor tinggi. Walaupun demikian, power tiles kadang-kadang dapat menjadi batu sandungan dikarenakan kombinasi kata yang terbentuk semakin terbatas. Kemungkinan membuat bingo seringkali mengecil jika di rack kita terdapat salah satu dari tiles tersebut, oleh karena itu, jika dirasa power tiles tersebut dirasa menghambat strategi kita, sebaiknya secepat mungkin kita keluarkan mereka dari rack.

Jika diurutkan dari posibiliti kombinasi yang dapat dibentuk, X adalah tile paling ‘ramah’ dibandingkan dengan 3 tiles lainnya. Kombinasi yang dibentuk dari X adalah yang paling banyak dan flexibel , dari 2lw saja dapat dibentuk 5 kata (AX,EX,OX,XI,XU). Urutan ke dua adalah Z , ketiga adalah J, dan yang paling ‘berbahaya’ adalah Q.

Kadang kita mendapati lebih dari satu buah power tiles di rack kita. Hal tersebut cenderung menghambat langkah kita karena kombinasi kata yang dibentuk menjadi semakin terbatas, namun dengan sedikit keberuntungan dan banyak pengetahuan kita dapat mengeluarkan power tiles tersebut dari rack kita sekaligus. Kata-kata yang dapat dipasang jika kita mendapati lebih satu power tiles dalam rack kita diantaranya ZAX, ZEX, JIZ dsb.
Q adalah tile yang sulit dikeluarkan jika tanpa didampingi U. Kata dengan posibiliti tinggi yang dapat dibentuk dari Q tanpa U adalah QI, QAT, dan QADI . Sisi positif dari memiliki adalah Q dapat memberi kita kesempatan mendulang skor lebih dari 25 dalam satu turn, hal yang paling mengasyikan ketika memiliki Q adalah ketika kita bisa menempelkannya di TL, dan membentuk 2ways TL dan mendapat skor lebih dari 60, hal tersebut bisa terjadi jika lawan bertindak ceroboh dengan mendekatkan I dengan TL. Namun, ketika kita dalam kondisi rack yang kurang beruntung, sebaiknya keluarkan Q secepat mungkin agar anagram dari rack kita menjadi lebih mudah. Kadang-kadang ada pemain yang sengaja menyimpan U demi menjaga kemanan kalau-kalau dia mendapkan Q di turn selanjutnya. Hal tersebut tidak disarankan karena kemungkinan mendapatkan Q sebenarnya tidak terlalu besar, lagi pula kombinasi kata yang coba kita bentuk akan berkurang, karena U tidak akan masuk dalam daftar anagram jika kita menerapkan stragegi tersebut.
reference: absp.org.uk
image source: kaboodle.com

4 comments:

  1. Tambahin lagi: Soal nyimpen U, itu tergantung sikon ma kondisi rack juga. Kalo emank tile di bag udah mau abis, kondisi rack u jauh dari bingo/5 ato 6 letter stem, papan juga udah susah buat bingo, itu U terakhir, Q belum keluar, mungkin itu pilihan bijaksana buat ngekeep tuh U. Soalnya peluang untuk dapet Q jadi semakin besar, n rack u juga gak jadi terlalu bagus kalo huruf U dibuang.


    Beda perkara kalo masih ada 2 ato bahkan 3 U yang belom keluar, trus ngimpen huruf U dengan harapan dapet Q, padahal tilenya udah kyk TULESYI. Mending lsg cari spot buat buang YU, sisain TILES langsung hantem bingo abis itu.

    Trus soal powertile, gw sering browsing2 ada tipe2 orang yang bersikeras, u dapet powertile (JQZX) tahan tile itu ampe dapet nilai gede, baru buang. OK, ne strategy berguna buang newbie, tapi begitu u naek level, habislah kau kalau masih gunakan strategy ini. Nyimpen powertile, berarti peluang buat dapet bingo berkurang jauh, sementara pemain pro, dalam 1 game 1 vs 1, bisa ngasilin bingo 4 atau 5 kali (kalau hoki). Nah sekarang pertanyaannya, mungkinkah powertile yang disimpen, yang bikin susah bingo, sanggup ngecover 4 bingo dari lawan u? Tentu tidak.

    ReplyDelete
  2. wah, iya juga ya bang. Kayanya mendingan maen poros aja kali ya? seadanya huruf buat ngeluarin best move sebisa mungkin . . .

    ReplyDelete
  3. Intinya, pengertian "best move" itu bisa beda2, tergantung vocabulary ma anagram orang itu juga. Misnya orang lom apal SATINE+blank bisa jadi apa aja, punya tile SAQTINE, wih bisa QINTARS tuh ada R nganggur 40an, tapi bisa buang Q doank ada I nganggur 21. Kalo lo cek pake quackle, gw yakin QI yang best, sisain SATINE, tapi kalo tuh org lom belajar kata2 bingo, mnrt gw kalo kepikir QINTARS mungkin lebih cocok buat orang itu, toh kerugian 20 point gak sebanding dengan benefitnya buat orang itu.

    ReplyDelete
  4. their are a lot of different kinds of words, some are new and some are old..that is why many read dictionaries so that they could familiarize some words that are new to them

    Scrabble words with all consonants

    ReplyDelete