Monday, August 15, 2011

Hati-Hati Premium Squares !

taken from uangiseng.wordpress.com

Postingan kali ini akan kembali membahas tentang premium squares, namun kali ini bukan dalam label basic rules melainkan dalam label tips & trick yang boleh anda aplikasikan jika dirasa sesuai dengan strategi anda.
Premium squares adalah spot yang paling diincar ketika bermain Scrabble. Jika kita tidak bisa mendapatkannya, maka orang lain pun tidak boleh mendapatkannya. Berikut adalah tips & trick yang bisa diaplikasikan agar lawan tidak bisa mengoptimalkan nilai yang didapat dari premium squares.

1. Jangan menyimpan vocal satu langkah dari DL atau pun TL
Secara umum kata yang mengikuti vocal adalah konsonan, maka ketika kita misalnya menyimpan O di depan DW atau TL, maka lawan dapat membentuk kata HO,MO, JO ZO,KO,YO,OX,OF,OH,OM dan sebagainya. Lawan akan tersenyum lebih lebar jika ‘kepolosan’ kita menyimpan vocal di depan DL atau TL membuatnya bisa membentuk 2-ways DL atau TL, seperti pada contoh dibawah ini:




    
Kata yang terbentuk adalah MO, MOLL, dan ON. Tile M menempel dua kali di DW (MO dan MOLL) maka perhitungannya adalah 3x2 (MO) dan 3x2 (MOLL), dari huruf M saja skor yang diperolah adalah 12, dan secara keseluruhan skor yang diperoleh adalah 19, M menyumbang lebih dari setengah bagian. Mungkin anda masih bisa bersiul jika lawan hanya memperoleh skor 19, namun bagaimana jika lawan memiliki tile Z dan vocal O atau A? coba ganti M dengan Z, membentuk kata ZA, maka skor yang diperoleh lawan dari tiles Z saja sudah mencapai 40 (10x2 (ZO) dan 10x2 (ZA) dan total skor yang diperoleh adalah 44.

Solusinya? Ya solusinya tentu saja dengan tidak memasang vocal satu langkah dari DL atau pun TL, yang harus dilakukan adalah memasang konsonan, misalnya B,D,F,G,J,L,M,P,Q dsb. Namun harus hati-hati juga jika memasang konsonan B,C,F,H,dan N karena bisa di hook menjadi BY, CH, FY, HM, dan NY.

Bagaimana dengan TL? DL aja Z bisa jadi 40 apa lagi di TL bisa 60 mamen. . .:p



2. Jangan menyimpan konsonan satu langkah dari DW apalagi TW
Jika kita akan melakukan move, pastikan tidak ada konsonan bernilai besar diam satu langkah dari DW atau TW. Karena bisa terjadi seperti dibawah ini:



Dari contoh diatas dapat kita lihat huruf J main-main disekitar DW, dan akibatnya nilai minimal yang didapat oleh lawan adalah 18, karena J + vocal yang bernilai 1 misalkan O = 9x2=18. Lebih celaka lagi adalah ketika move lawan tidak hanya membentuk JO saja, tetapi juga membentuk kata CONE yang juga dikalikan 2 secara keseluruhan. Maka skor keseluruhan yang didapat oleh lawan karena ‘kelalaian’ kita adalah: JO (18) + CONE (14) + MORE (6) = 38.

3. Jangan menyimpan vocal satu langkah dari DW apalagi TW
Lah? Konsonan ga boleh, vocal ga boleh, terus masang apa dong? Memasang vocal didepan DW apalagi TW tidak diperbolehkan karena lawan akan dapat mengisi DW tersebut dengan huruf konsonan yang jika dibentuk lebih dari satu kata akan dihitung 2-ways DW. Perhatikan kasus dibawah ini:



Karena kita memasang kata LIE, maka huruf E pun menjadi berada di dekat DW, dan akibatnya lawan bisa mengisi premium square DW dengan huruf F yang langsung membentuk kata FLAG ke bawah, mengakibatkan terjadilah 2-ways double word (FE dan FLAG), perhitungan skornya adalah : FE (5x2=10) dan FLAG (8x2=16) total=26.

Menjawab pertanyaan diatas, jika terpaksa, kita sebaiknya memasang konsonan satu langkah di depan DW atau pun TW. Namun yang harus diperhatikan adalah nilai dari konsonan tersebut. Nilai dari konsonan yang dipasang sebaiknya bernilai 1 atau paling tidak 2. Mengapa demikian? Karena secara umum konsonan akan diikuti oleh vocal, dan vocal hanya bernilai 1, jika kita memasang konsonan yang bernilai 1 atau 2 misalnya L,T,N,D,G, maka nilai yang dibentuk maksimal hanyalah 3x2=6 atau 3x3=9 dari satu kata di DW atau pun TW.
 

Next issue:
Bermain Scrabble secara Online

3 comments:

  1. Tambahin tambahin yang lebih dalem (gak hanya 2 letter yang bahaya)

    Sebenernya yang berperan dalam strategy ini adalah pengetahuan tentang hook dan kemampuan u track tile yang udah keluar.

    Kesimpulannya sebenernya gampang, jangan biarin kata-kata ato huruf yang bisa dengan gampang dihook pake huruf2 medium tile (H,Y,W,M,K, dll) n powertile (JQZX) ditaro di samping premium square, dan jangan naro huruf2 besar dideket situ juga.
    Ambil contoh ne, u inget, gak boleh naro vowel di deket triple letter, nah u panjangin maen parallel jadi ANY. Selesai masalah? Tidak. Anda boleh dibilang cukup beruntung kalo lawan hanya masang MANY, gimana kalo lawan punya Z, bikin ZANY/ZO aja udah ngasilin 67 points. Masih beruntung hooknya umum bisa diatasi kalo strategynya udah bagus, gimana kalo u pasang OYE, S udah keluar semua, gak masalah naro di deket triple word. Tiba2 lawan u tambahin OYEZ. U hanya bisa kaget, hah?? apaan ne? challenge, trus nangis karena ada (oops lebay)

    Nah makanya gw bilang, disitulah pentingnya tau hook2 kata yang berbahaya.

    Trus, sempet kepikir ga? Gimana kalo tile lawan ternyata busuk, UUIIEEE la misalnya, kita buka Z di deket triple, gak bisa dia ambil kan? Nah itu bener sekali, masalahnya kan u gak pernah bisa tau kondisi rack lawan u gimana. Disinilah strategy tile tracking pengaruh. Kalo misalnya u liat wih, I kok ada 2 di gw ya, trus di papan udah 7. Berarti ini 2 I terakhir donk. Senyum2 aja pasang Q bawahnya triple word, gak bakal bisa diambil lawan u, malah u dapet jaminan jalan minimal 33 points di move selanjutnya. Contoh laen, masang C deket triple word, soalnya Hnya dua2nya dipegang ma orang yang sama. Ini disebut set-up move, tapi untuk melakukannya, u musti tracking, jadi setidaknya u punya gambaran, kita2 lawan u bisa ambil gak spot yang u buat.

    ReplyDelete
  2. iya juga ya, tapi kadang kalo bikin tiles tracking ngerasa ribet n ganggu konsentrasi ga sih?

    ReplyDelete
  3. Gini2 gw jelasin deh. Mngkn ada baiknya u tambahin di tile tracking nih informasi

    Kalo maen team jelas tracking gak rapa penting, lagipula yang bener2 harus diinget tuh powertile, S ma blank udah keluar belom. Itu yg terpenting, soalnya 10 itulah tile2 yang paling nentuin permainan.
    Sisanya kyk W,H,Y,V, dll itu juga bisa nentuin, tapi gak segede impactnya 10 tile diatas.

    Kalo main 1 vs 1 kyk catur? Nah disini baru tile tracking itu penting. Tapi bentar dulu, tile tracking, imbasnya nambahin 2-3 menit per game buat nyoret2 huruf. Apa 2-3 menit buat tau tile yang lom keluar dan gambaran tile lawan itu lebih berharga daripada 2-3 menit tambahan kesempatan buat nemuin move bagus? Itu gak bisa dijawab. Kembali ke masing2 pemaen. Gw sih gak pernah nyaranin orang yang baru belajar buat tracking. Kenapa? Gak guna juga, mereka coret2 tapi gak bisa "ngeliat" ada apa ini??? Jadinya mereka makin sibuk, makin gak konsen, n waktunya berkurang. Ujung2nya malah makin jelek maennya.


    Tracking itu kesadaran masing2 sih intinya. Mau tracking apa gak, hanya pemain tersebut yang bisa nentuin, setelah pertimbangin benefit ma cost tracking itu sendiri. Biasanya sih pemaen, kalo skillnya nambah, lama2 juga kalo maen be2 tracking sendiri. Top ten ISA rating tracking semua udah tuh. Rata2 pemaen rating tinggi ngerasa gak nyaman, kalo dia gak punya gambaran tile apa yang kira2 ada di bag ma di lawan. Kalo kondisinya dia leading 100an sih, mungkin dia tenang2 aja, pokoknya gw jangan bukain celah bingo rebes. Nah kalo hanya leading 20? Tentunya lo perlu tau kan, kira2 kalo gw buang tile ini, tile yang gw dapet balance gak ma tile sisa gw? Misnya tile sisa lo ternyata 1 vocal ma 2 konsonan, tapi ngeliat tile sisa, kok konsonannya masih bejibun ya? Dari 15 tile yg sisa kok konsonannya ada 13 neh? Waduh mending gw simpen lebih banyak vocal.... Itu manfaatnya tracking. Ato ga "waduh itu ada tempat buat bingo", bahaya, tapi u tracking, kok banyak banget sih medium tilenya? Kayaknya lawan gw gak bakal dapet tuh tile buat bingo, mendingan gw tutup triple letter yang kebuka tuh, bahaya kalo H, W, Y, ato Fnya masuk kesitu.


    So, kesimpulanya tracking hanya berguna kalo u udah bisa cepet nemuin move yang bagus, trus udah bener2 jago dalam hal manage rack ma perkiraan kira2 dimana lawan lo bakalan jalan, dan itu juga berguna kalo gamenya sengit. Kalo udah kalah ato menang 100an, gak tau tile apa yang belum keluar juga gak akan masalah.


    Tapi... tetep aja, at the end, it depend on luck. Masalahnya adalah lo gak bakal pernah tau persis apa tile yang ada di bag dan yang ada di lawan lo, kecuali kalo udah bener2 habis
    Contohnya: Ne taken from my real experince lo:
    Causeway 2010, lawan gw block satu2nya bingo spot, ada 3 tile di sack, gw udah ketinggalan 20an pas itu. Dia blocknya gak bisa maksimal, hanya score 8 point, dya terlalu takut buat gw bingo, nyatanya yang dia ambil E, S ma blank sendiri, tile yang sangat dibutuhin buat bingo. Tapi tempatnya udah ketutup, ujung2nya malah karena dy terlalu concern ma tuh tmpt, dy gak liat H gw bisa score 35, ujung2nya gw mng 5 points. Apa yang dia lakukan salah? Menurut gw gak, tapi hoki gak lagi berpihak ma dy.

    AEO 2012, gw lawan Adelina Harry. Gw udah lead 100, sebenernya gak masalah sih, apapun jalan gw, udah 99,99% menang. Tapi kondisinya, gw butuh tambahan margin buat ngejer si Fadlan, trus gw liat dipapan ada Y gantung. 2 tile masih ada di bag. Gw track, kok masih ada Q,U,A,E,D,S blank juga. Enak amat tuh si Adel jalan QUAYS,QUEYS,QUAYD bisa 70an, dipangkas ini ma margin gw jadi 60an. Gw block aja de, biar Q dy gak bisa keluar gede. Nyatanya, gw ambil, tile yg gw dapet Q ma C coba. Padahal gw masih megang C. Cocok deh QCC. Dia juga tracking lagi, langsung dimatiin Q gw. At the end, gw menang sih, tp cm 60an points juga. Sama aja jatohnya kalo gw gak block, dy bisa keluar QUAYD.

    Tracking hanya sebagai gambaran aja, buat bikin pemaen pro jadi lebih yakin ma jalan dia, tapi lom tentu u dapet benefit dari itu.

    ReplyDelete