Friday, August 19, 2011

Tiles Tracking

taken from filmruz.blogspot.com

Untuk mengetahui tiles yang tersisa dalam sack dan tiles yang ada di rack lawan saat pertandingan, kita tidak perlu mendatangi dukun untuk mempelajari ilmu meramal, yang perlu kita lakukan hanyalah melakukan tiles tracking. Apa itu tiles tracking? Tiles tracking adalah sebuah langkah untuk melacak tiles apa saja yang sudah dikeluarkan dari sack ke board. Melakukan tiles tracking adalah hal yang sangat mudah. Hanyalah bermodalkan kertas, pena dan tentu saja niat, kita bisa melakukan tiles tracking.


Hal yang pertama perlu kita lakukan adalah menulis semua tiles yang ada di dalam sack secara utuh.
 
taken from wikipedia
Jika ada tiles yang dipasang di board, kita coret tiles tersebut di catatan tiles tracking kita. Misalkan lawan mengeluarkan QUACKER, maka kita mencoret Q,U,A,C,K,E,R dari catatan. Dari situ kita akan mudah mengingat bahwa Q, dan K sudah tidak ada lagi dalam sack, dan juga kita akan tahu bahwa jumlah U yang tersisa dalam sack adalah 3, serta A: 8 E: 11 R: 5 dan C: 1.

Mengetahui jumlah tiles yang sudah dimainkan akan sangat berpengaruh terhadap strategi kita. Misalkan kita mau membuat bingo TRAINERS , tiles yang ada di rack kita adalah TRAINURS. Kita memutuskan untuk menunggu E karena posibiliti kita mendapatkan tile E dalam sebuah game sangat tinggi dikarenakan jumlah tile E adalah yang terbanyak, yaitu 12. Jika kita membuang U dan mempertahankan tiles lain, ada kemungkinan kita bisa mendapatkan E dan membentuk bingo TRAINERS. Namun jika ternyata tile E sudah dimainkan, dan habis atau tersisa satu atau dua saja,  maka strategi kita pun akan berantakan. Oleh karena itu untuk memantapkan strategi, kita harus tahu besar kecilnya kemungkinan muncul E ditengah-tengah pertandingan, cara mengetahunya ya dengan cara melakukan tiles tracking.

Tiles tracking juga sangat berguna pada saat kita berada di penghujung game. Dengan melihat sisa 7 huruf yang belum dicoret, dan melihat tiles yang ada di rack kita, kita bisa mengetahui sisa huruf yang dimiliki lawan di penghujung game. Misalkan, tiles di rack kita adalah ZAITECH , dan tiles yang belum dicoret di catatan tiles tracking adalah tiles di rack kita dan Q,E,T,T,R,S,B . Tiles yang belum dicoret dan tidak ada di rack kita itulah tiles yang dimiliki lawan. Mengetahui lawan memiliki Q,S, dan T, yang harus kita lakukan adalah tidak menggantungkan I dan A disembarang tempat (karena lawan bisa mengeluarkan Q dan membentuk QI(S) atau QAT(S), serta tidak memasang kata-kata yang bisa di hook oleh S, sehingga setidaknya kita akan mendapatkan minimal 20 (Q(10)x2) poin dari sisa tiles lawan.

reference: absp.org.uk

No comments:

Post a Comment