Saturday, August 6, 2011

Menggunakan Zyzzyva

taken from zyzzyva.co.uk

Kata Zyzzyva mungkin adalah kata yang asing bagi sebagian besar orang. Tapi untuk para Scrabble player, kata ini harus menjadi kata yang masuk kedalam daftar kata-kata yang paling sering didengar dan digunakan dalam keseharian.

Zyzzyva merupakan sebuah software kamus yang didalamnya terdapat kamus CSW yang merupakan kamus resmi dalam Scrabble. Kemungkinan besar tidak ada Scrabble player professional yang tidak pernah menggunakan kamus ini, bahkan sekelas Grand Master pun saya yakin menggunakan software ini.

Kalau anda pikir pernyataan saya diatas lebay, baca terus post ini, dan anda pasti akan berkata "ko kata-kata itu ada sih di kamus?" hehehe

PERHATIAN !
Kata-kata dalam kamus CSW sebagian besar adalah kata serapan dari bahasa lain seperti bahasa Arab, Maori, China, Yunani, Jepang, Melayu dan masih banyak lagi. Banyak kata-kata yang jika diaplikasikan dalam percakapan atau tulisan akan tidak sesuai standar dalam bahasa Inggris. Walaupun banyak juga kata dari CSW yang bisa diaplikasikan dalam penggunaan bahasa Inggris, kata-kata yang didapat dalam kamus ini disarankan dipakai hanya untuk bermain Scrabble dan untuk pengetahuan semata. Sementara untuk pengaplikasian bahasa Inggris, sebaiknya merujuk pada kamus-kamus yang sudah umum seperti Oxford atau Cambridge.
Dalam menggunakan Zyzzyva, hal yang pertama kali harus kita lakukan adalah mendownload software tersebut dari situs Zyzzyva.net.

Setelah itu Install (next , next , next , next saja) .
Setelah selesai, klik ikon zyzyva.
Jika muncul kotak pilihan lexicon, pilih CSW 07 dan CSW12.
Setelah itu proses pembangunan database berlangsung, proses ini memakan waktu cukup lama, jadi bersabar saja ya.

Jika sudah selesai, maka tampilan awal Zyzzyva akan seperti berikut ini: 


tampilan halaman muka Zyzzyva


Ada banyak fungsi dan menu dari Zyzzyva 2.14 , namun karena berbagai keterbatasan, fungsi yang akan saya bahas dalam kesempatan ini hanyalah fungsi-fungsi yang saya pikir paling penting.

CSW 12 baru diresmikan penggunaannya pada tanggal 1 January 2012, oleh karena itu sebaiknya CSW yang digunakan adalah CSW07 saja dulu.

Definition
Fungsi pertama yang akan kita bahasa adalah fungsi definition. Ikon dari definition adalah sebuah buku biru. Definition berfungsi untuk memeriksa apakah kata yang dimasukan oleh Scrabble player acceptable (ada) tau unacceptable (tidak ada). Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar-gambar dibawah ini.

(Klik untuk memperbesar gambar)

definition (1)

definition (2)

definition (3)

Perhatikan kata-kata yang saya masukan di definition 1, 2, dan 3. Pada definition 1 saya memasukan kata TWITTER, ketika saya menekan enter. Maka muncul tulisan Acceptable disertai dengan definisi dari TWITTER dibawahnya. Artinya, kata TWITTER dapat digunakan dalam permainan Scrabble.

Dalam definition 2 saya memasukan kata FACEBOOK. Kata tersebut Acceptable sama halnya dengan kata TWITTER, namun perhatikan tanda + yang saya tunjuk dengan tanda panah merah. Tanda + tersebut menandakan kalau kata FACEBOOK merupakan kata yang baru, yang terdapat di CSW12 dan tidak terdapat di CSW sebelumnya. Sebagian grand master (GM) berpendapat bahwa CSW12 belumlah resmi digunakan, begitu pun dengan sebagian besar provider game Scrabble, mereka masih menggunakan CSW versi sebelumnya. Oleh karena itu, agar lebih aman, saya sarankan jangan dulu memasang kata-kata yang bertanda + dalam sebuah permainan, nanti bisa di challenge lawan (apa itu challenge? selanjutnya akan kita bahas hehe).
 
Dalam definition ke 3, saya memasukan kata FRIENDSTER yang merupakan kerabat jejaring sosial TWITTER, dan FACEBOOK. Namun apa yang terjadi? ternyata kata FRIENDSTER Unacceptable saudara-saudara (mungkin karena di FRIENDSTER, penggunanya banyak menggunakan bahasa 4LAy, jadi Unacceptable > apaaa siiih? :p) . Karena FRIENDSTER unacceptable, maka kata tersebut sebaiknya jangan digunakan dalam permainan.

Fungsi selanjutnya adalah fungsi Search, yang digambarkan dengan ikon kaca pembesar. Fungsi search adalah fungsi yang akan sangat membantu dalam perkembangan permainan seorang Scrabble player. Ada 19 sub fungsi dari search, namun yang akan saya bahas hanyalah fungsi yang dianggap paling penting. Diantaranya adalah :

Anagram Match

anagram match (1)

anagram match (2)
Anagram match berfungsi untuk mencari kata-kata yang dapat terbentuk dari jumlah dan komposisi huruf yang dimasukan ke dalam entry. Misal pada anagram match (1) saya memasukan tujuh huruf, yaitu TRAINER. Ketika kita menekan enter, kita dapat mengetahui bahwa kita dapat membentuk tiga kata dengan jumlah dan komposisi huruf yang telah kita masukan. Begitu pula ketika saya memasukan kata dengan komposisi huruf RATES yang terdiri dari 5 kata. Ketika kita menekan enter, kita akan tahu bahwa dapat terbentuk 13 kata (anagram) dari RATES.

Subanagram Match

subanagram match
Jika anagram match memunculkan anagram yang sejumlah dengan jumlah huruf yang dimasukan ke dalam entry, tidak demikian dengan subanagram match. Dalam subanagram match, kata yang muncul adalah anagram dari mulai jumlah huruf terkecil (2) hingga jumlah huruf maksimum, yang disesuaikan dengan entri yang dimasukan, misal TRAINER (7). Dari contoh diatas, jumlah anagram yang dapat dibentuk dari TRAINER adalah 133 kata.

Kolom abu-abu dan putih menandakan bahwa kata tersebut termasuk kedalam satu anagram. Misalkan dari kolom yang diberi tanda merah pada gambar diatas; RETRAIN, TERRAIN, TRAINER dan IRATE, RETIA, TERAI. Kata-kata tersebut merupakan kata yang komposisi dan jumlah hurufnya sama.

Angka pada bagian prob-2 merupakan peluang kata tersebut muncul dalam permainan. Semakin kecil, maka peluang kata tersebut muncul menjadi semakin besar, semakin besar, maka peluang muncul dalam permainan semakin kecil. Hal tersebut dipengaruhi dari komposisi huruf dari kata tersebut (lihat Tiles dalam Scrabble).


Length

lenght
Lenght berfungsi untuk memunculkan kata-kata dengan jumlah huruf sesuai dengan yang dimasukan dalam entry. Seperti pada gambar diatas, kita memasukan angka minimal 2 dan maksimal 3. Maka kata yang muncul adalah kata dengan jumlah huruf antara 2-3, diurutkan secara alfabet.

Number of Vowels

number of vowels
Banyak orang beralasan dia kalah karena mendapat terlalu banyak vowels dalam racknya. Jangan beralasan seperti itu lagi ketika anda mengetahui fungsi number of vowels, karena dalam fungsi ini akan dimunculkan kata-kata dengan jumlah vowel yang anda masukan ke dalam entry. Saya pribadi sering kali mengeluarkan kata semisal AIA, AUA, EAU, atau AEON jika mendapat vowel berlebih.

Include Letters

include letters
Banyak juga orang beralasan dia kalah karena mendapatkan terlalu banyak konsonan atau pun mendapat huruf-huruf dengan nilai besar seperti J,Q,X,Z. Jangan beralasan demikian lagi ketika anda sudah mengetahui fungsi include letters dalam Zyzzyva. Dalam fungsi ini kita dapat mengetahui kata-kata yang komposisinya dari huruf yang kita masukan entri. Misalkan include letternya adalah JAZ, maka akan muncul kata yang terdapat tiga huruf tersebut.

Demikian informasi mengenai fungsi Zyzzyva yang bisa saya bagi. Masih banyak fungsi Zyzzyva lain yang belum kita bahasa, namun hal tersebut saya rasa bisa anda sekalian pelajari sendiri.

Next Issue:
Timer , Exchange dan Challenge

1 comment:

  1. Thanx ya info-nya.
    Gw mau ngadai pertandingan Scrabble. Tapi cuma punya 3 kamus Merriam-Webster Scrabble Dictionary 4th edition.
    Sedangkan peserta pada pengen latihan dulu.
    Tapi kyknya pake Zyzzyva lebih simpel ya.
    Thanx. Kapan-kapan kita bisa tanding bareng ya :D

    ReplyDelete