Saturday, August 6, 2011

Time, Exchange, dan Challenge

Post ini merupakan post terakhir dengan label basic rules, artinya setelah ini anda yang baru mengenal scrabble bisa mulai mengembangkan strategi dan trik masing-masing dalam bermain Scrabble :D . Tapi tetap ikuti blog ini, karena saya akan tetap memberikan informasi apapun yang saya tahu tentang Scrabble.

Time


Kita memiliki waktu yang terbatas dalam bermainan Scrabble. Umumnya dalam setiap permainan kita memiliki waktu 25 menit secara keseluruhan (dibagi 2 jika bermain secara tim) . Waktu kita dihitung ketika timer (bisa lawan atau pun timer khusus) mengatakan start, dan berakhir ketika kita mengatakan finish, disertai mengatakan jumlah skor yang kita dapat.

Exchange


Kita bisa menukar tiles yang kita punya jika dirasa tidak dapat memasang kata-kata apapun dengan tiles tersebut, atau jika merasa tiles yang kita memiliki tidak sesuai dengan strategi yang dipakai. Konsekuensinya adalah giliran kita untuk memasang kata dilewat (pass). Dalam melakukan exchange, yang pertama kali harus kita lakukan adalah mengeluarkan huruf yang akan kita exchange dari rack, simpan diatas meja dalam keadaan tertelungkup, ambil tiles dari sack , lalu masukan tiles yang akan diexchange ke sack, dengan demikian kita tidak akan mendapatkan lagi huruf yang sebelumnya ingin kita exchange. Jumlah tiles yang dibuang dari rack tentu saja harus sama dengan jumlah tiles yang diambil dari sack.

Challenge 

Dibandingkan kedua istilah diatas, mungkin istilah challenge inilah yang paling asing bagi para Scrabble player yang baru mengenal Scrabble. Hal tersebut mungkin dikarenakan challenge hanya diberlakukan dalam kompetisi resmi dan selain itu mungkin karena banyak provider game scrabble mentiadakan fitur ini, dan menggunakan sistem auto validation, hal itu sangat beralasan mengingat jika lawan kita adalah komputer, tentu saja kata-kata yang dipasang acceptable semua.

Pada dasarnya kita bisa memasang kata apapun dalam permainan Scrabble, kita bisa memasang kata AIUEO, MAMAN, RAFAEL, DIEGO, DUDUNG, atau pun IHSAN dalam permainan Scrabble. Apakah kata tersebut acceptable atau tidak itu tergantung keputusan lawan kita, mau challenge apa engga.

Misalkan, saya memasang kata IHSAN dengan skor 8. Kata IHSAN tidak terdapat di kamus CSW. Jika lawan mendiamkan saja, dan tidak melakukan challenge, maka kata IHSAN tetap berada diatas board dan saya mendapat skor 8. Tapi jika lawan melakukan challenge, dan di check di CSW bahwa kata IHSAN unacceptable, maka saya harus menarik kembali kata-kata tersebut, dan giliran saya dianggap pass.

Contoh kasus lain:
Saya memasang kata DATAS dengan nilai 5, lawan melakukan challenge, checker (apapun itu namanya, pokonya dia bertugas untuk mengechek sebuah kata ada atau tidak jika ada yang challenge) mengecheck di CSW, dan ternyata kata DATAS unacceptable, maka saya harus menarik kembali data dari board dan giliran saya dianggap pass.

Saya memasang kata DATUM dengan nilai 8, lawan melakukan challenge, di check di CSW, dan ternyata acceptable, maka kata DATUM tetap diatas board, saya mendapat skor 8, dan mendapatkan poin tambahan 5.

Intinya, 
Jika challenge berhasil : lawan menarik kembali kata yang dipasang, tidak ada pengurangan atau penambahan kata bagi kedua pemain.
Jika challenge gagal (bertahan) : lawan tetap mendapatkan skor dari kata-kata yang dia pasang, dan mendapatkan poin tambahan 5.

Bagaimana jika lawan membentuk lebih dari 1 kata dalam 1 move? misalkan dalam sebuah giliran, move saya menghasilkan 2 kata; katakanlah BUDI, dan MIN. Lawan menchallenge kata BUDI yang ternyata acceptable, (emang beneran acceptable, check aja kalo ga percaya). Padahal, kata-kata yang sebenarnya unacceptable adalah MIN. Maka saya tetap dinyatakan bertahan dari challenge lawan, dan MIN pun tetap berada dalam board sampai akhir permainan.

taken from positivelyparkinsons.blogspot.com

Itulah bahasan saya mengenai time, exchange, dan challenge. Tetap ikuti bahasan-bahasan selanjutnya, terima kasih atas perhatiannya :D .


Next Issue:
Hook

2 comments:

  1. Nambahin nambahin
    Time: Kalo waktu abis, maka score akan dikurangin 10 tiap menit, apabila sampai 10 menit kelebihan waktu, maka orang tersebut dinyatakan kalah dengan margin -200

    Exchange: Jangan lupa, exchange tile tidak diperbolehkan ketika tile yang tersisa di bag kurang dari 7.

    Challenge: Sekarang diperbolehkan challenge lebih dari 1 kata per move. Jadi misalnya u buat BUDI dan MIN. Lawan pengen challenge tapi bingung. Akhirnya dy blg challenge both. Konsekuensinya, kalo ternyata emank dua2nya ada, tambahan pointnya jadi 5*2 = 10.

    ReplyDelete
  2. Waaah, baru tahu kalo bisa ngechallenge lebih dari satu word, thanks ya bang buat infonya . . . komen terus bang GGM . . . hehehe

    ReplyDelete